4 Universitas Terbaik di Indonesia Versi Lembaga Survey Dunia Menu Sejarah Manusia

"Perhatikan Masa Lalu mu, untuk hari esok mu"

Post Top Ad

Monday 13 February 2017

4 Universitas Terbaik di Indonesia Versi Lembaga Survey Dunia


Universitas Terbaik di Indonesia – Melanjutkan jenjang pendidikan ke tingkat universitas adalah impian setiap anak muda Indonesia apalagi bila diberikan kesempatan untuk menikmati pendidikan di kampus dengan kualitas terbaik.

Terbaik dari segala aspeknya (tenaga pengajar, prospek, alumni, dll) Meskipun ‘terbaik’ itu menjadi relatif bila disandingkan dengan pemuda yang bersungguh-sungguh. Tapi setidaknya, universitas yang baik memiliki sumber daya yang cukup untuk mengakselerasikan diri kita lebih cepat.

Sebuah lembaga survey dunia yang berfokus pada ranking universitas merilis hasil terbaru mengenai universitas terbaik di seluruh dunia.



Ini dia 10 universitas terbaik di Indonesia menurut topuniversities.

1. Universitas Indonesia (UI)




Universitas Indonesia yang sering dikenal di kalangan muda dengan singkatan UI adalah salah satu perguruan tinggi Indonesia yang konsisten memproduksi sumber daya manusia berkualitas.

Kampus utamanya terletak di bagian utara Depok, Jawa Barat; tepatnya di perbatasan Depok dan Jakarta Selatan; sementara kampus lainnya ada di Salemba Jakarta Pusat.

UI adalah kampus yang terbuka, multibudaya, modern, komperhensif, dan humanis yang mencakup disiplin ilmu yang luas. Sampai saat ini sekira sudah menghasilkan lebih dari 400.000 alumni yang tersebar di berbagai penjuru dunia.


2. Institut Teknologi Bandung (ITB)



Siapa sih yang hatinya mengembang ketika mendengar kata ITB? ITB begitu bergengsi sekali dan menjadi primadona di hati para siswa SMA khususnya jurusan IPA.

Seperti tercantum di namanya, ITB berlokasi di Kota Bandung. ITB sendiri adalah lembaga pendidikan tinggi pertama di Hindia Belanda sekaligus sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia.

Jangan tanya apa prestasi mahasiswa ITB, silakan searching di google. Artikel ini tidak cukup memuat semuanya. Yang jelas produk atau lulusan atau alumni dari ITB selalu berhasil menjadi kontributor di tengah masyarakat. Sebut saja Ridwan Kamil, Walikota Bandung saat ini.

Aburizal Bakrie, Hatta Rajasa, dan tidak ketinggalan Presiden Indonesia ke-3, Pak BJ. Habibie.



3. Universitas Gadjah Mada (UGM)


Posisi ke-3 ditempati Universitas Gadjah Mada, universitas Negeri yang langsung didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 19 Desember 1949.

UGM termasuk ke dalam universitas yang paling banyak diminati baik itu pada saat SNMPTN, SBMPTN, maupun UM.

Di mata dunia, UGM selalu diperhitungkan. Beberapa website peranking universitas seperti THES (Timer Higher Education-Qs World University) pernah menempatkan UGM di peringkat 250 sebagai universitas terbaik di dunia.

Di Indonesia sendiri, UGM pernah menempati peringkat pertama universitas terbaik versi AIPT BAN-PT, sementara versi webometrics peringkat 1 di Indonesia, peringkat 5 di Asia, dan 414 di dunia. Keren!

Selain itu beberapa program studi di UGM mendapatkan akreditasi internasional bergengsi dengan nilai A, dan UGM menjadi universitas pertama di Indonesia yang meraih hal itu.



4. Universitas Airlangga (Unair)


Universitas Airlangga adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Surabaya. Universitas ini didirikan tepat dengan hari pahlawan yang ke-9; yakni tanggal 10 November 1954.

Unair memiliki image professional yang tinggi. Mungkin bagi kamu yang sudah berkecimpung di dunia kampus mengtahui dan merasakan hal ini. Berbeda dengan universitas-universitas lain yang bagaikan artis digaungkan di mana-mana “Ini universitas terbaik!” tetapi Unair tidak seperti itu.

Prestasinya dan kontribusinya banyak, namun senyap. Kesan dan pesona Unair hanya dapat dirasakan oleh orang yang dewasa



No comments:

Post a Comment

Post Top Ad