5 Penyebab Sriwijaya Runtuh Menu Sejarah Manusia

"Perhatikan Masa Lalu mu, untuk hari esok mu"

Post Top Ad

Saturday 4 March 2017

5 Penyebab Sriwijaya Runtuh


Ternyata Kerajaan sebesar Sriwijaya juga bisa mengalami keruntuhan, nah lantas faktor-faktor apa saja yang menyebabkan keruntuhan kerajaan maritim yang sangat besar ini? mari kita simak

1. Tidak adanya raja yang cakap memerintah

     Setelah Raja Balaputradewa wafat, tidak ada raja yang cakap untuk memerintah Kerajaan Sriwijaya. Hal tersebut menyebabkan Kerajaan Sriwijaya semakin mengalami kemunduran.

2. Letak Kota Palembang semakin jauh dari laut

http://fadlinobita.blogspot.com
Akibat pengendapan lumpur yang dibawa oleh Sungai Musi dan sungai lainya, akhirnya Kota Palembang semakin jauh dari laut.

3. Berkurangnya kapal dagang yang singgah

Kapal di era sriwijaya
     Akibat semakin jauhnya Kota Palembang dari laut menyebabkab daerah tersebut tidak strategis lagi. Kapal-kapal dagang lebih memilih singgah di tempat lain. Hal tersebut menyebabkan kegiatan perdagangan berkunrang dan pendapatan kerajaan dari pajak menurun.

4. Banyak daerah yang melepaskan diri dari Sriwijaya


Akibat semakin melemahnya perekonomian Kerajaan Sriwijaya maka penguasa kerajaan tidak mampu lagi mengontrol daerah kekuasaanya. Daerah kekuasaan Kerajaan Sriwijaya yang telah melepaskan diri adalah Jawa Tengah dan Melayu.

5. Terjadinya serangan atas Sriwijaya dari kerajaan lain

Serangan yang dilakukan oleh Raja Teguh Darmawangsa dari Kerajaan Medang atas wilayah Sriwijaya bagian selatan pada tahun 992.
Serangan yang dilakukan oleh Kerajaan Colamandala dari India Selatan atas Semenanjung Malaka pada tahun 1017.
Pendudukan yang dilakukan oleh Raja Kertanegara dari Singosari atas wiayah Melayu pada tahun 1270. Pendudukan ini dikenal sebagai Ekspedisi Pamalayu.
Pendudukan yang dilakukan Kerajaan Majapahit atas seluruh wilayah Sriwijaya pada tahun 1377. Pendudukan tersebut dalam upaya mewujudkan kesatuan Nusantara.

Sumber: Buku IPS Jawa Tengah 2000

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad